dk profil

taman

VISI
Dengan mengacu kepada visi Bidang Pendidikan YPII tersebut, maka ada beberapa dasar pertimbangan yang kami lakukan untuk menetapkan visi, misi dan strategi pengelolaan SMP Dharma Karya, yaitu :

  • Melakukan evaluasi terhadap setiap permasalahan dan identifikasi terhadap seluruh potensi yang dimiliki oleh sekolah, yang meliputi kekuatan, kelemahan, kendala dan tantangan (analisis SWOT)
  • Melakukan perbaikan, pembenahan, dan mencari jalan keluar terhadap apa yang menjadi kelemahan, kendala dan tantangan yang ada di SMP Dharma Karya.
  • Optimalisasi pemberdayaan potensi yang ada.

Dengan mengacu pada beberapa hal tersebut, maka kami menetapkan visi sebagai berikut :

“TERWUJUDNYA INSAN YANG BERKARAKTER, RELIGIUS, KREATIF, INOVATIF DAN BERWAWASAN GLOBAL SERTA PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN”
Untuk mewujudkan visi tersebut, maka harus ada misi yang relevan dengan visi tersebut. Misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya.

Misi Sekolah

Dengan mengacu pada definisi di atas, maka misi dari SMP Dharma Karya dirumuskan sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat memperoleh kesempatan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki melalui metode pendekatan kasih sayang.

  2. Mendorong dan membantu siswa untuk dapat mengenali potensi dirinya sehingga memudahkan dalam pengembangan sesuai bakat dan kemampuan secara optimal.

  3. Menciptakan dan menumbuh kembangkan jiwa semangat untuk meraih keunggulan yang dilakukan secara intensif kepada seluruh warga sekolah dengan membangun kreatifitas dan kedisiplinan (character building).

  4. Menumbuhkan dan menanamkan penghayatan terhadap pelajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sebagai pembentuk karakter insan yang arif dalam melakukan tindakan dan perbuatan.

  5. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok yang terkait dengan sekolah (stake holders), dengan mengutamakan pelayanan yang efektif dan efisien untuk memberikan kepuasan optimal kepada para pelanggan/customers.

  6. Menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan.

  7. Mewujudkan lingkungan sekolah bersih, sehat dan nyaman.

  8. Memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar.

Penyerahan Piala Sekolah Adiwiyata  Mandiri Oleh Presiden RI

 

Go to top